Tim Ducati: Andrea Iannone Mampu Mengimbangi Marquez

  • Share

Membayangkan kecepatan Ducati, sama halnya dengan membayangkan elemen rangka yang dinamakan Borgo Panigale yang bekerja dengan sangat baik. Di sirkuit Mugello, Italia salah seorang penguji Ducati berhasil mendekati prestasi Marc Marquez yang meraih waktu terbaik GP of Italy pada awal tahun ini.

Andre Iannone sebagai penguji motor GP14 didukung Borgo Panigale dengan sentuhan yang disebut “Beban Peredam di Bawah Jok” berhasil membukukan waktu terbaiknya, selisihnya hanya hitungan detik saja dengan Marquez. Dimana Marquez membukukan lap terbaik di Mugello dalam 1’47,270 pada Juni lalu, Iannone 1’47,3. Secara teknis ini sulit dipercaya dimana Ducati bisa mendekati performa dari Honda. Memang Ducati sering berhasil menempel saingannya dalam kurun waktu lalu, termasuk saat dilakukan ujicoba.

banner 325x300

Belum diketahui secara lengkap detil teknis dari tunggangan Iannone. Dikarenakan ini uji dalam beberapa lap saja, jadi apa yang akan terjadi dalam balap sesungguhnya belum tentu sama. Apalagi disana ada keterkaitan dengan perangkat seperti ban dan lainnya. Namun, kenyataan dari hasil itu pun sangatlah mengejutkan crew Ducati.

Melihat mesin merahnya tampil lebih baik setelah adanya perubahan yang dilakukan oleh Gigi Dall’Igna,  menjadi awal yang baik sesuai harapan. Dengan Iannone merundukan badannya didapat top speed sekitar 359kpj (223mpj) di lintasan Mugello. Ini merupakan kabar gembira, karena prestasi tersebut akan memuluskan jalan ke jalur produksi, paling tidak pada 2015 nanti.

Manajer Iannone pernah melakukan pembicaraan dengan pihak Suzuki, berkaitan kosongnya tim penguji karena ketidakhadiran Cal Crutchlow, untuk mencari calon penggantinya. Utamanya adalah seorang anak muda Itali berbakat yang akan di kontrak untuk mengendarakan Borgo Panigale berdampingan dengan Andrea Dovizioso. Kalau Ducati Corse, akan lebih nyaman, memiliki dua pengendara Italia  dalam satu tim atau lebih dan kedua akan memudahkan jalan untuk mendongkrak motornya pada posisi atas dalam suatu balapan.

Walau masih banyak yang harus dikerjakan oleh Ducati dan Dall’Igna, sepertinya manager Corse harus terus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang baru seperti mesin V4 dengan sudut lebih kecil dari 90o untuk dituangkan pada produk 2015. Ducati mencanangkan untuk bisa melambungkan sesuatu yang baru, dimana awalnya setiap komponen akan diuji di arena balap pada tahun ini dan selanjutnya turun dibalap yang sebenarnya.

banner 325x300
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia