New Subaru WRX STI, Melibas Prestasi Sendiri Bersama Higgins

  • Share

Subaru WRX STI sekali lagi berhasil memecahkan rekor di ajang Isle of Man TT bersama juara reli Inggris Mark Higgins. Rekor baru yang ditorehkan adalah 19 menit dan 29 detik dengan mobil standar yang baru saja diluncurkan sebagai mobil saloon berperforma tinggi. Lintasan sepanjang 37,8 mil di TT Mountain dijelajahi dengan kecepatan rata-rata 116mpj  dan kecepatan puncak diatas 160mpj.

Manxman Higgins pernah melakukan yang terbaik ditempat yang sama pada 2011, saat itu Higgins mencetak rekor waktu 19 menit dan 56,7 detik. Rekor ini diraih bersama WRX STI generasi sebelumnya, dan memecahkan rekor bertahan selama 21 tahun.

banner 325x300

Seperti mobil pemecah rekor sebelumnya, WRX STI yang dipergunakan Higgins adalah mobil Subaru standar, mobil yang dibuat untuk penggunaan harian (standar di Amerika) dilengkapi mesin 300PS, 2,5 liter, turbo Boxer.

Hanya sedikit modifikasi yang dilakukan untuk mobil ini yaitu pada pegas dan peredam kejutnya, dilakukan penyetelan untuk mengurangi kemungkinan kerusakan dari kondisi lintasan yang bergelombang dan kemungkinan melompat pada kecepatan tinggi. WRX STI standar pun telah dilengkapi perangkat pengaman utama seperti roll-cage, sabuk keselamatan standar balap, pemadam api dan ban Dunlop Derezza.

Mark mengatakan setelah memacunya: “Ini putaran tercepat yang saya peroleh hari ini dan saya benar-benar senang dengan berhasil mendapatkan rekor baru di lintasan ini. Sasis dari mobil baru jauh lebih baik, sangat meungkinkan untuk bisa meraih waktu terbaik disemua sekor dan tentunya perlu pula teknik yang tepat dalam mempergunakannya”.

Rekor lain di lintasan TT didapat pada 2013 oleh John McGuinness dengan Honda CBR1000RR ‘Fireblade’.  McGuinness membukukan angka 17 menit dan 11,5 detik, setara dengan kecepatan rata-rata 131,7mpj.

banner 325x300
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia